4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Minum Kopi


Resep Memasak - Walaupun kopi terbukti bisa mencegah penyakit alzheimer hingga hati, konsumsinya ternyata perlu dijaga. Meneguk kopi dengan takaran dan waktu yang tepat supaya tubuh bisa memetabolisasi kafein dalam waktu yang cukup dan tidak mengganggu siklus tidur.

Konsumsi kafein dalam jumlah cukup bisa memberikan manfaat. Untuk itu jangan melakukan kesalahan saat minum kopi seperti yang direkomendasikan oleh Huffington Post.




1. Minum kopi terlalu siang



Konsumsi kopi direkomendasikan sebelum jam 11 pagi. Sebuah studi terbaru menunjukkan metabolisasi kafein di masing-masing orang berbeda,bagi orang yang sensitif terhadap kafein, konsumsi hanya 236 ml kopi di pagi hari bisa meninggalkan jejak kafein hingga setelah jam tidur.

2. Mencoba mengeluarkan kafein dalam tubuh



Setelah meneguk kopi terlalu banyak, olahraga atau meneguk banyak air putih. Tapi, sebenarnya molekul kafein bersirkulasi dalam peredaran darah dan diuraikan oleh hati menjadi bentuk tidak aktif, lalu dibuang oleh ginjal.

3. Menghindari espresso



Banyak orang lebih menyukai latte dengan takaran gelas besar daripada espresso karena dipercaya mengandung kafein lebih sedikit. Faktanya, espresso dalam satu shot kecil rata-rata mengandung 212 mg kafein dibandingkan 236,6 ml kopi standar yang mengandung 415 mg kafein.

4. Perhatikan siklus menstruasi



Fluktuasi hormon saat siklus menstruasi dan kehamilan menyebabkan metabolisasi kafein akan terjadi lebih lambat. James D. Lane, PhD,professor of medical psychology di Duke University Medical Center di Durham, North Carolina menyatakan hal ini disebabkan oleh kadar esterogen yang meningkat, disarankan saat periode tersebut wanita mengkonsumsi kopi lebih sedikit.

REKOMENDASI

Memuat...

BACA JUGA

Loading...
Previous
Next Post »