5 Trik Memasak Agar Makanan Tetap Sehat


Resep Memasak - Di akhir pekan pola makan sehat bisa tetap dijalankan agar badan bugar dan berat badan terjaga. Karena itu sajikan selalu sajikan sayuran, buah dan biji-bijian. Lakukan trik memasak yang tepat agar tak kelebihan kalori.

Makanan yang dibuat sendiri di rumah pasti lebih menyehatkan. Diolah dengan dipanggang, rebus atau kukus. Sebelum membuat hidangan yang sehat, simak lima tips mengolah makanan sehat berikut ini.

1. Gunakan bahan makanan segar
Membuat makanan sehat harus menggunakan bahan makanan segar. Mulai dari sayuran, daging hingga kacang-kacangan. Hindari makanan kemasan, yang cenderung banyak mengandung garam dan bisa berisiko naiknya tekanan darah tinggi.

2. Panggang atau rebus
Metode memasak juga harus diperhatikan jika ingin menyajikan makanan sehat. Misalnya dengan direbus, kukus atau panggang. Cara mengolah makanan ini memberikan manfaat untuk kesehatan karena tidak menggunakan minyak seperti metode menggoreng.


3. Gunakan susu rendah lemak
Susu juga sering digunakan sebagai bahan masakan. Namun pilih jenis susu rendah lemak yang dapat membantu mencegah kolesterol meningkat dan mempertahankan berat badan. Karena lebih sedikit asupan lemak hewani, yang banyak terdapat di dalam susu full cream


4. Jangan makan terlalu kenyang
Berherti makan sebelum kenyang. Cara ini berguna untuk mencegah kegemukan. Karena, selama makan otak manusia akan menyadari perut telah kenyang sekitar 20 menit kemudian. Untuk itu, sebelum menyantap hidangan penutup sebaiknya tunggu 20 menit sesudah menyantap hidangan utama.



5. Jangan sajikan minuman manis
Sebagai pelepas dahaga, cobalah untuk tidak mengonsumsi minuman manis sesudah makan. Minuman manis seperti soda cenderung mengandung banyak natrium yang dapat berpotensi menyebabkan osteoporosis. Lebih baik jika sajikan segelas air putih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel