5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol


Resep Memasak - Kolesterol yang tinggi seringkali dikaitkan dengan penyakit jantung dan penyakit menakutkan lainnya. Tingkat kolesterol juga bisa semakin tinggi dan berbahaya jika Anda mengonsumsi makanan yang salah.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda menurunkan kolesterol.

1. Oat
Coba lawan kolesterol dengan mengonsumsi oat. Anda juga bisa mengonsumsi oat yang biasanya dicampur dengan sereal. Mengonsumsi oat bisa memenuhi kebutuhan serat dan menurunkan kolesterol. Akan semakin baik jika oat pada sereal dikonsumsi dengan buah-buahan seperti pisang atau strawberry.

2. Biji-bijian
Kacang-kacangan mengandung banyak serat larut dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Ini akan membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah kacang merah, lentil, kacang hitam, dan lainnya.

3. Kacang-kacangan
Penelitian di Harvard menunjukkan bahwa beberapa jenis kacang-kacangan seperti walnut, kacang tanah, dan kacang lainnya baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Mengonsumsi dua ons kacang sehari bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat hingga lima persen.

4. Makanan yang mengandung sterol dan stanol
Makanan yang mengandung sterol dan stanol membantu tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini bisa membantu menurunkan kolesterol jahat hingga 10 persen. Kini banyak perusahaan yang menambahkan zat ini pada makanan seperti margarin atau cokelat.

5. Lemak ikan
mengonsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dengan memberikan tubuh asam lemak omega tiga dan mengurangi kecenderungan seseorang untuk mengonsumsi daging hewan yang mengandung banyak kolesterol buruk. Asam lemak omega tiga juga diketahui bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan tingkat kolesterol buruk pada tubuh. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel