Mengkonsumsi Bayam dan Kiwi dapat Atasi Keletihan dan Stres

Resep Memasak - Walupun terlihat sepele, stres bisa memicu masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung. Saat stres, tubuh secara otomotasi akan mengeluarkan hormon cortisol yang bisa memicu gangguan tidur, daya ingat, mood, bahkan obesitas.

Jika, Anda mulai mengalami gejala stres segera ganti camilan manis tinggi karbohidrat dengan buah dan sayuran alami yang bisa meredam produksi cortisol. Dilansir dalam Dr. Oz (16/10/2013) inilah beberapa makanan yang ampuh redam stres.


1. Bayam
Kandungan magnesium dalam sayuran hijau ini bisa membantu penyeimbangan produksi cortisol. Untuk kombinasi yang lebih ampuh untuk meredakan stres, Anda bisa membuat salad yang terbuat dari bayam segar dan walnut dengan perasan jeruk nipis yang kaya vitamin C.


2. Makanan kaya vitamin C
Saat stress mulai menyerang, coba ganti camilan karya karbohidrat dengan berbagai varian buah citrus. Sebuah studi menunjukkan konsumsi buah kaya vitamin C seperti kiwi dan jeruk bisa memperlambat produksi cortisol.



3. Makanan kaya omega-3
Banyak studi membuktikan omega-3 tidak hanya memperlambat inflamasi. Tapi juga mengurangi produksi cortisol dan mencegah stres. Beberapa makanan kaya omega-3 adalah makarel, sarden, flaxseed, dan walnut.


4. Asupan makanan kaya zinc
Studi menunjukkan zinc bisa mengurangi pengeluaran cortisol. Tiap 100 gram daging sapi bisa menyediakan asupan zinc harian. Selain itu enam tiram ukuran medium mengandung lebih dari 70 mg zinc.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel